TUGAS
KELOMPOK
PENGANTAR
MANAJEMEN UMUM
Diajukan
Untuk Memenuhi Nilai Tugas Pengantar Manajemen Umum.
AnggotaKelompok D :
1. Nisa
ul’sa’adah
2. Melina
Rizki
3. BayuAdiSaputra
4. Murdiyanto
5. RobyVernandes
6. Geri
Darmawan
7. Aldi
Materi : Multi Level Marketing (MLM)
STMIK
MIC CIKARANG
TAHUN
AJARAN 2014/201
PRAKATA
Assalamualaikum Wr. Wb.
Puji
syukur senantiasa tercurahkan kepada Allah SWT, Tuhan semesta alam yang
kasih-Nya ibarat laut tak bertepi dan cinta-Nya ibarat sungai tak berujung.
Sholawat beriring salam tak lupa kita haturkan kepada junjungan kita Baginda
Besar Nabi Muhammad SAW, beliaulah sang revolusioner dunia, yang telah merubah
zaman gelap gulita menjadi zaman yang terang
benderang ini.
Allhamdulillah,
dengan segala kemampuan yang ada, kami selaku tim penyusun telah berhasil
menyelesaikan Tugas Makalah Pengantar Manajemen Umum tentang Multi Level
Marketing. Beribu terimakasih kami ucapkan kepada Alloh SWT yang telah memudahkan
kami dalam menyusun laporan ini. Kepada Bapak Asep Jalaludin, S.T, M.M selaku
dosen pembimbing yang selalu mengarahkan
kami sehingga laporan ini bisa kami susun dengan baik. Terimakasih juga kepada
pihak – pihak yang telah membantu kami dalam memberikan referensi dan rujukan
sehingga bisa menjadi pedoman dan tolak
ukur kami dalam menyusun makalah.
Kami
berharap makalah ini dapat diterima oleh semua pihak. Semoga makalah ini dapat
digunakan dengan sebaik baiknya. Kami memohon maaf apabila dalam makalah ini
terdapat kata – kata yang mungkin tidak berkenan di hati pembaca.
Kami mengharapkan masukan berupa kritik dan saran
yang membangun, sehingga kesalahan – kesalah yang terdapat dalam penyusunan
makalah ini tidak akan terulang lagi dikemudian hari.
Wassalamu
‘alaikum Wr.Wb
Cikarang, 20 September 2014
Dosen Pembimbing
Bpk. Asep Jalaludin, S.T, M.M.
|
Hormat Kami,
ttd
(Tim Penyusun)
|
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan Penulisan
1.4 Manfaat Penulisan
BAB II KAJIAN
TEORI
2.1 Devinisi Multi Level Marketing
2.2 Sejarah Multi Level Marketing
2.3 Mekanisme Kerja Multi Level Marketing
2.4 Karakteristik Bisnis Multi Level Marketing
2.5 Alasan Pendistribusian Secara MLM
2.6 Istilah Dalam Dunia MLM
2.7 Sistem Konsep Piramida
2.8 Perbedaan Sistem Konsep Piramida Dengan MLM
BAB III
PT K-LINK INDONESIA
3.1 Tentang K-Link Indonesia
3.2 Visi & Misi Perusahaan
3.3 Nilai – Nilai Dasar Perusahaan
3.4 Filosofi K-Link Indonesia
3.5 Komitmen K-Link
3.6 Mengapa Memilih K-Link?
3.7 Board Of Directur
3.8 Penghargaan Yang Telah Diterima
K-Link
3.9 Dirrect Selling
3.1.1 Fatwa Ulama Tentang K-Link
3.1.2 Jenjang Karir Di K-Link
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan
4.2 Saran
BAB V LAMPIRAN
5.1 Daftar Pustaka
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Di Dunia yang serba
canggih ini, perkembanganteknologi dan industri semakin meningkat. Tak
terkecuali di dunia pemasaran / marketing. Kemajuan dalam dunia pemasaran ini
menyeret negara kita Indonesia untuk tidak ketinggalan dengan sistem – sistem
management yang berkembang pesat di dunia.
Pemasaran dalam saat ini ditandai dengan
perubahan – perubahan yang sangat penting.Orientasinya tidak lagi untuk
menciptakan keuntungan yang sebesar – besarnya, namun melalui menciptakan
pelanggan sebanyak mungkin dengan cara meningkatkan kualitas produk agar
pelanggan puas (customer satisfaction).
Pemasaran telah didefinisikan dalam
berbagai pengertian.
Menurut
Wiliam J. Stanton (Khotijah, 2004 : 11) pemasaran adalah suatu sistim total
dalam kegiatan bisnis yang dirancang untuk
merncanakan, menentukan harga,
mempromosikan, dan mendistribusikan barang – barang yang dapat memuaskan
keinginan dan jasa baik kepada konsumen saat ini maupun konsumen potensial.
Segala langkah dan usaha tersebut
merupakan suatu proses yang di dalam manajemen pemasaran disebut sebagai suatu
proses manajemen pemasaran.
Definisi
tersebut menguraikan bahwa manajemen pemasaran adalah proses yang melibatkan
analisa, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian yang mencakup barang, jasa,
dan gagasan dengan tujuan menghasilkan kepuasaan bagi pihak pihak yang
terlibat.
Manajemen pemasaran
mempengaruhi tingkat keberhasilan suatu perusahaan.
Salah
satu sistem manajemen pemasaran adalah Multi Level marketing (MLM) yang saat
ini tengah dipergunakan oleh perusahaan tertentu untuk memasarkan produk
mereka.
Multi
Level Marketing merupakan salah satu
metode cara penjualan . di Indonesia juga telah menjamur beberapa
perusahaan yang menggunakan sistem pemasaran Multi Level Marketing. Diantarnya
yaitu perusahaan K-Link, Sophie Martin, dan masih banyak lagi.
Dalam
makalah ini kami akan membahas mengenai salah satu perusahaan yang menggunakan
sistem Multi Level Marketing, yaitu adalah perusahaan K-link, yang memasarkan
berbagai jenis produk obat – obatan, kebutuhan rumah, serta suplemen tubuh.
Multi level marketing
yang baik biasanya tergabung dalam APLI ( Asosiasi Penjualan Langsung
Indonesia). Setiapperusahaan yang ingin bergabung dengan APLI diteliti dahulu,
apakah perusahaan tersebut layak untuk bergabung sesuai dengan standar dan
prosedur APLI
1.2
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan paparan
diatas, maka penyusun menentukan rumusan masalah sebagai berikut ini :
1 Apakah
metode pamasaran Multi Level Marketing
dapat diterapkan oleh perusahaan yang ada di Indonesia?
2 Bagaimana
sistem manajemen perusahaan Multi Level marketing (MLM) yang dianut oleh
perusahaan K-Link?
1.3
TUJUAN PENULISAN
Tujuan pembuatan makalah
ini adalah untuk mengetahui lebih dalam tentang Manajemen perusahaan yang
menganut sistem Multi Level Marketing.
1.4 MANFAAT PENULISAN
Adapun berbagai manfaat
dalam pembuatan makalah ini adalah :
Bagi
mahasiswa, makalah ini diharapkan dapat memberikan pengalaman dan meningkatkan kreativitas dalam pembuatan
makalah, serta dapat menambah wawasan mengenai seluk beluk perusahaan yang
menganut sistem Multi Level Marketing (MLM)
BAB II
KAJIAN TEORI
2.1 DEFINISI MULTI LEVEL MARKETING
Selain Multi
level marketing sebenarnya masih ada salah satu sistem pemasaran yaitu Single
Level marketing (Pemasaran Satu Tingkat). Yang maksudnya adalah metode metode pemasaran barang atau jasa dari sistem penjualanlangsung melalui program pemasaran berbentuk satu tingkat, dimanamitra usaha mendapatkan komisi penjualan dan bonus penjualan darihasil penjualan
barang atau jasa yang dilakukannya sendiri.Namun dalam makalah ini yang akan kami kaji adalah
perusahaan yang menganut sistem Multi Level Marketing.
Multi Level Marketing ( Pemasaran Multi Tingkat ), yang maksudnya
adalah metode pemasaran barang atau jasa dari sistem penjualanlangsung melalui program pemasaran yang terbentuk lebih dari satutingkat, dimana mitrra usaha mendapatkan komisi penjualan dan bonuspenjualan dari hasil penjualan barang atau jasa yang dilakukannyasendiri dan dari anggota jaringan di dalam kelompoknya.
Menurut MLM Leaders ( 2007, p. 20 ), Multi Level Marketing
( MLM ) adalah metode pendistribusian barang atau jasa dengan sistem
penjualan langsung melalui program pemasaran berbentuk jaringan.
Dimanapara distributornya akan mendapatkan pendapatan dari penjualan langsung
yang dilakukan sendiri dan pendapatan dari total omzet jaringan ataukelompok dari organisasi yang telah dibangunnya.
Menurut Odop ( 2007, p. 20 ), Multi Level Marketing atau yang sering
disingkat MLM merupakan sebuah cara memasarkan produk dari produsen kecustomer melalui agen atau distributor tunggal mandiri. Agen yang mandiri ini mendapatkan kompensasibonus yang diberikan oleh perusahaanatas jasanya menjual dan memperkenalkan produk mereka.
Sedangkan menurut Poe ( 2000, p. 3 ), pemasaran sistem jaringan
( MLM ) adalah suatu sistem yang memungkinkan para wiraniaga bekerja dari
rumah, merekrut wiraniaga lain, dan memperoleh komisi dari hasil penjualanyang dilakukan wiraniaga yang telah direkrutnya ( dan juga dari wiraniaga
yang kemudian direkrut oleh wiraniaga yang baru direkrut tadi dan
seterusnya).
2.2 SEJARAH MULTI LEVEL MARKETING
Menurut Nayasi ( 2008 ), Multi Level Marketing ( MLM ) ditemukanoleh dua
orang profesor pemasaran dari Chicago pada tahun 1940-an.
Produkpertama yang dijual adalah vitamin dan makanan tambahan Nutrilite.
Saat itu Nutrilite Products Inc merupakan salah satu perusahaan di Amerika yangdikenal telah menggunakan metode penjualan secarabertingkat.
Dengan modal awal yang relatif tidak besar, seorang tenagapenjual bisa mendapatkan penghasilan melalui dua cara. Pertama, keuntungandiperoleh dari setiap program makanan tambahan yang berhasil dijual kekonsumen.
Kedua, dalam bentuk potongan harga dari jumlah produk yangberhasil dijual oleh distributor yang direkrut dan dilatih oleh seorang tenagapenjual dari perusahaan.
Rancangan penjualan perusahaan itu menarik perhatian Rich De Vos
dan Jay Van Andel pemuda dari Michigan ini kemudian memutuskanbergabung sebagai tenaga penjual. Hasilnya, dalam kurun waktu sembilantahun mereka tidak hanya menikmati keuntungan dari menjual produkNutrilite, tapi yangpaling melekat dalam benak mereka adalah kehebatankonsep penjualannya. Suatu konsep yang merupakan dasar dari terbentuknyaAmway Corporation di kemudian hari.
Pada pertengahan tahun 1950, organisasi dalam perusahaan Nutrilitemengalami guncangan. Momentum ini merupakan awal berdirinya Amwaypada tahun 1959.Amway didirikan oleh Rich De Vos dan Jay Van Andel,berdasarkan suatu keyakinan, bahwa kesuksesan memasarkan suatu produkadalahmenjualnya secara langsung kepada pelanggan.
Berdasarkanpengalaman berharga yang diperoleh dari Nutrilite,
mereka memulai usahayang sederhana dengan menempati sebuah gudang di kota
MichiganDenganproduk awal LOC ( Liquid Organic Cleaner ),
suatu cairan pembersihbiodegradable yang aman untuk lingkungan.
Usaha ini kemudian berkembangmenjadi Amway Corporation, sebuah perusahaan yang
berskala internasionaldi 80 negara dan teritori.
MLM sendiri mulai tumbuh di luar Amerika Serikat pada tahun 1960-an.
Dan dalam waktu singkat, berkembang pesat sebagai bagian yangterpenting dari industri penjualan langsung.
Selama puluhan tahun MLMterbukti merupakan cara yang sangat sukses
memberikan penghasilan yanglayak kepada pelanggan secara langsung.
Kesuksesan ini terlihat nyata ketikapada tahun 1972 Amway membeli Nutrilite Inc
2.3
Mekanisme Kerja MLM
Pengembangan
MLM dimulai dengan pembentukanorganisasi penjualan sendiri.Tindakan pertama
yang dilakukan seorang calon anggota adalah memperoleh seorangsponsor. Sponsor
berasal dari distributor yang sudah ada atau orang yang ditunjuk oleh perusahaan
untuk mensponsori setelah calon anggota
menghubungi calon anggota itu secara langsung. Seandainya calon anggota
langsung disponsori oleh perusahaan
pada permulaannya.
Perusahaan
terikat kontrak untuk memasok barang dan membayar komisi penjualan serta
memberikan pelayanan. Lazimnya
perusahaan memberikan kartu tanda anggota
agar distributor dapat membeli produk dari perusahaan MLM untuk dijual kepada pelanggan
atau untuk dipergunakan sendiri. Setiap
distributor harus berlatih dahulu sebelum
distributor diijinkan untuk turut
menjual.
Mengecerkan
produk merupakan langkah pertama menuju pendapatan tambahan.
Perbedaan
harga eceran dan harga grosir merupakan penghasilan distributor. Tanggung
jawab
distributor adalah membayar produk saat memesan, dan mengambil produk –produktersebut dari
sponsornya. Sponsor akan memasok distributor secara langsung dengan
semua produk dan peralatan rnenjual. Sponsor
menerima produk tersebut dari sponsornya, demikian seterusnya,
Seorang
distributor dengan volume bisnis yang telah ditentukan akan dapat
memesan
produk- produk langsung dari perusahaan yang bersangkutan. Makin besar
volume
maka mak in besar pula potongan harga. Jika telah dicapai potongan harga
maksimum,
maka distributor dapat memperoleh bonus ekstra dari perusahaan yang
bersangkutan. Agar penghasilan distributor berlipat ganda
maka dikembangkan jaringan
penjual
Jaringan penjualan yang dibentuk dapat
berwujud berbagai tingkatan distributor (bertingkat satu, dua , tiga, dan
seterusnya), yang digambarkan sebagai berikut .
Tingkatan
distributor akan mempengaruhi perhitungan penghasilan. Oleh karena itu organisasi dari penjualan harus dapat dikendalikan oleh distributor.
Semakin banyak anggota pada setiap tingkatan, maka lebih
banyak waktu dan perhatian yang dilimpahkan untuk melakukan pemantauan
dan pengendalian.
2.4 KARAKTERISTIK BISNIS MLM
Menurut MLM Leaders ( 2007, p. 4 ), beberapa karakteristik daribisnis MLM :
1. Modal Rendah
Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis MLMtidaklah tinggi,
hanya berkisar pada puluhan ribu rupiah. Rendahnyamodal awal ini disebabkan karena :
a. Sebagai distributor / agen, perusahaan MLM tidak harusmenyediakan tempat seperti ketika membuka toko atau kantor,
untuk jenis usaha lainya. Seseorang bisa menggunakan rumah sebagai tempat usaha.Bahkan, ada perusahaan MLM yangmenyediakan tempat / kantor sebagai pusat kegiatan para agen /distributornya.
b. Sebagai distributor / agen tidak perlu memiliki persediaan / stokbarang yang
banyak cukup hanya sebagai contoh produk saja. Kalaupun ingin memiliki persediaan produk, persediaan ituhanya bertujuan untukmemudahkan dalam melakukan transaksi.
Ketika terjadi transaksi di rumah konsumen atau prospek, tidakperlu membuang waktu untuk perjalanan pulang pergi darirumah konsumen ke kantor perwakilan perusahaan hanya untukmembeli satu atau dua produk. Persediaan atau stok barang yangbesar dilakukan oleh pihak perusahaan, ataupun pihak yang telahditunjuk oleh perusahaan sebagai perwakilan di wilayah
tersebut.Hal inilah yang membuat distributor / agen sebuah perusahaan
MLM tidak membutuhkan modal yang besar.
c. Sebagai distributor / agen tidak perlu mengeluarkan biaya untukmenggajimanajemen.Perusahaan MLM biasanyatelahmenyiapkan manajemen untukmenangani bidang administrasiserta seluruh kegiatan operasional lainnya.
Dengan demikian,para distributor / agen cukup hanya memfokuskan diri pada
bidang pemasaran dan pembentukan jaringan rekan kerja( networking ).
Selain itu, modal awal yang dikeluarkan sebenarnya hanyadigunakan untuk mengganti biaya cetak dari:
1.
Lembaran brosur yang mengulas tentang profil perusahaan
2.
Lembaran brosur yang berisi keterangan mengenai produk -produk yang dimiliki perusahaanLembaran informasi yang berisi rencana bisnis perusahaan.
Informasi yang diberikan meliputi jumlah pendapatan yang
bisa diterima, cara memperoleh pendapatan yang lebih besar
lagi, serta langkah-langkah, atau persyaratan yang harus
dipenuhi baik dalam volume penjualan maupun banyaknya
jumlah rekan kerja yang berhasil dibentuk.
2. Pengarahan dan Bimbingan
Bisnis MLM menjadi sebuah bisnis dambaan. Setiap orangyang ingin
memiliki sebuah bisnis pasti menginginkan adanyabimbingan dari seseorang
yang lebih memiliki pengalaman dalambisnis, atau usaha tersebut.
Dalam bisnis MLM, setiap orang akanmendapatkan bimbingan yang berasal
dari upline dan supportsystem. Tidak adanya pengarahan dan bimbingan akan
mempersulit,bahkan menghambat seseorang dalam membangun sebuah bisnis.
3 . Resiko kecil
Bisnis MLM memiliki resiko yang sangat kecil, bahkan bisadikatakan hampir tidak ada. Kecilnya resiko dalam bisnis inidisebabkan oleh :
a. Modal usaha yang kecil. Ketika terjadi sesuatu yang sangat
buruk, dan seseorang harus berhenti menjalankan bisnis ini,
orang itu tidak akan kehilangan modal atau uang dalam
jumlah besar. Bandingkan dengan kerugian yang dialamketika seseorang berhenti menjalankan bisnis lain yangdibuka dan dijalankan sendiri.
b. Sistem transaksi cash and carry. Semua pembayaran
dilakukan secara tunai oleh setiap rekan kerja. Hal ini
membuat seseorang yang menjalankan bisnis ini tidak
memiliki piutang tak tertagih, seperti yang biasanya ada pada
bidang bisnis lainnya.
c. Tanggung jawab terpisah. Masing-masing orang memiliki
tanggung jawab dan kewajiban sendiri-sendiri.
4. Pendapatan tidak terbatas / besar.
Bisnis jaringan adalah sebuah bisnis yang memiliki potensi
pendapatan yang sangat besar, bahkan bisa dikatakan tidak terbatas.
Hal ini disebabkan karena dalam jaringan bisnis seseorang tidak ada
pembatasan jumlah rekan kerja yang boleh dimiliki.
5. Perluasan wilayah / ekspansi usaha
Ekspansi usaha adalah salah satu cara untuk memperbesar
pendapatan dan juga memperkecil resiko kehilangan pendapatan.
Perluasan wilayah menjadi satu hal yang penting untuk dilakukankarena kita
tidak pernah tahu kapan akan terjadi sesuatu pada salahsatu wilayah usaha kita.
Hal-hal yang bisa terjadi pada sebuahwilayah:
a. Bencana alam
c. Keadaan ekonomi yang memburuk
d. Perubahan kebijakan
e. Kestabilan keamanan dan politik satu wilayah yang bisaberubah
sewaktu-waktu
Kemudahan dalam melakukan perluasan wilayah bisnis MLMdisebabkan oleh:
1. Kegiatan bisnis MLM tidak membutuhkan tempat, atau outlet
khusus. Kegiatan dari bisnis ini bisa dilakukan dimana saja,bahkan di rumah sekalipun.
2. Perluasan wilayah bisnis tidak membutuhkan persediaan barang
yang terlalu banyak.
3. Perluasan wilayah bisnis tidak membutuhkan pengurusan ijin
untuk menjalankan usaha.
4. Distributor MLM tidak membutuhkan karyawan untuk
menjalankan usahanya.
5. Rekan kerja yang dibutuhkan pada suatu wilayah baru bisa
dibentuk dari siapapun, bahkan orang yang baru dikenal di
wilayah tersebut.
2.5 Alasan Pendistribusian Secara MLM
Menurut Prana ( 2007 ), ada beberapa alasan mengapa perusahaan
memilih MLM untuk mendistribusikan produknya, diantaranya :
1. Biaya overhead distribusi yang rendah
Typical distribusi melalui retail melibatkan serangkaian regional,
negara, kota, dan retailer lokal untuk mendistribusikan barang -barang. Masing -masing perlu mendapatkan keuntungan danmelakukan mark up harga dari barang.
Jalur distribusi non MLM :
Manufacturer -> transporter -> wholesaler -> retailer > advertisers-> customers
Jalur distribusi MLM :
Manufacturer -> representative -> customer
2. Tim sales dan marketing yang termotivasi
Ada banyak sekali produk yang membanjiri pasaran. Dibutuhkandana marketing yang besar untuk bisa memperoleh tempat dicustomer.
Dengan menggunakan konsep MLM, maka perananmarketing dilakukan oleh customer. Selain itu banyak produk yangmembutuhkan penjelasan yang rinci dibandingkan dengan yangdapat dilakukan pada iklan TV selama 30 detik
2.6 Istilah dalam Dunia MLM
Berikut ini isitilah-istilah yang sering digunakan dalam bisnis MultiLevel Marketing
A. Upline
Menurut MLM Leaders ( 2007, p. 7 ), Upline, yaitu rekan kerja
yangtelah mengajak seseorang untuk menekuni usaha MLM. Dengan
pengetahuan dan pengalaman yang telah mereka miliki, mereka dapat mengarahkan, membimbing, serta mendampingi seseorangsaat menjalankan bisnis ini.
B. Downline
Menurut MLM Leaders ( 2007, p. 196 ), Downline adalah semuajaringan di bawah upline. Ini termasuk orang yang upline sponsori
sendiri dan orang yang disponsori.
C. Crossline / Sideline
Menurut Supiansyah ( 2007 ), Crossline atau sideline adalah apabila
antara mitra yang satu dengan mitra yang lain tidak berada dalam
satu garis jaringan ( network family ) atau dengan kata lain berada di
luar jaringannya.
D. Support System
Menurut MLM Leaders ( 2007, p. 7 ), Support system adalah sebuah
organisasi yang menyediakan berbagai sistem pendidikan untuk
distributor dalam sebuah MLM. Biasanya perusahaan MLM hanya
menyediakan produk atau jasa yang akan dipasarkan dan juga bonus
yang akan dibayarkankepada distributor. Support system yang
menyediakan pendidikan dan alat penunjang yang memudahkan
distributor dalam menjalankan bisnis MLM-nya.
2.7 Sistem Konsep Piramida
Menurut MLM Leaders ( 2007, p. 201 ), Sistem konsep piramida
adalah suatu sistem yang menawarkan kesempatan untuk mendapatkan
keuntungan yang besar dengan sedikit usaha. Sistem semacam ini sudah ada
di Taiwan, AS, Malaysia dan di negara-negara lain, tetapi karena banyaknya
pengaduan dari para distributornya maka saat ini sistem ini diawasi secara
ketatolehpemerintahkarena dianggapmerugikandanmeresahkanmasyarakat luas.Dan saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakansistem konsep piramida ini tutup.
Dengan sistem konsep piramida, keuntungan dari seorang
Anggotabiasanya murni diperoleh dari hasil merekrut anggota lain.
Jika anggota tidakmelakukan perekrutan, maka dapat dipastikan bahwa dia
tidak akan
mendapatkeuntungan.
Kebanyakan bisnis MLM dengan sistem konsep piramida tidak
menjual produk, tetapi ada beberapa yang menggunakan produk hanya
sebagai kedok saja. Anggota yang berada pada tingkat bawah atau dekat
dengan tingkat paling bawah sudah dapat dipastikan akan merugi
2.8Perbedaan Sistem Konsep Piramida dengan MLM
Multi Level Marketing ( MLM ) memiliki struktur mirip dengan sistemkonsep piramida dimana seseorang anggota berusaha merekrut orang lainuntuk menjadi anggota.Perbedaannya, pada MLM ada produk yangdiperjualbelikan.Keuntungan didapatkan jika seseorang anggota ataudownlinnya melakukan penjualanproduk. Artinya, walaupun anggotaberada pada tingkat paling bawah,potensi untuk mendapatkan keuntunganmasih terbuka. Priyadi ( 2006 ).
Menurut Pranadjaja ( 2005 ), Perbedaan sistem konsep piramida
dengan sistem konsep MLM yang murni :
1. Bisnis MLM yang benar mempunyai produk yang akan dibeli
customer bahkan oleh mereka yang memilih tidak bergabung keperusahaan MLM tersebut.
2. Sistem konsep piramida biasanya memberlakukan biaya registrasi
yang tinggi untuk menjadi sumber bonus utama bagi upline. MLM
yang legal hanya mempunyai biaya registrasi yang rendah untuk
starter kit, manual.
3. Sistem konsep piramida memberikan janji - janji penghasilan yang
tidak masuk akal. MLM yang benar akan menyatakan bahwa
seseorang membangun penghasilan berdasarkan kerja keras dan
dedikasi.
4. Jika perusahaan mempunyai produk dan jasa yang bagus dan
bonus berasal dari pembelian produk dan jasa tersebut ( baik itu
dari pembelian berulang atau penjualan ke customer baru ), maka
sistem tersebut bukan menggunakan sistem konsep piramida
BAB III
PT.
K-LINK INDONESIA
3.1 TENTANG K-LINK INDONESIA
K-Link
merupakan salah satu perusahaan penjualan langsung terkemuka di Indonesia.
Pusat stocklist dapat ditemukan hampir di setiap kota besar dan kota-kota di
seluruh negeri ini, seiring dengan adanya pembukaan gerai-gerai baru secara
terus menerus.
Produk-produk K-Linkterdiridariproduk-produksuplemenkesehatan,
kecantikan, perawatantubuh, UIE, sertaperawatanmobildanrumah yang
mencakupproduk-produk yang sudahcukupdikenalseperti K-Liquid Chlorophyll,
K-OmegaSquadan K-Ayurveda.
Didirikanpadabulan Mei 2002,
K-Link Indonesia telahmenerimabanyakpenghargaan yang membuktikanbahwa
orang-orang, produkdanbisnis K-Linkmerupakan yang terbaik di
industriini.Dengandilandasiolehnilai-nilaiutamasertafokuspadamisidanvisi K-Link,
bagiandaricetakbirukesuksesan K-Link
mempunyai slogan, 'Unity is Power'. K-Link
percayakesuksesandapatdicapaimelaluikerjasamatim yang kuat, danbudayainilah
yang selalu K-Link upayakanuntuktumbuhdalam Perusahaan K-Link.
Denganlebihdari 2,4jutaanggota,
disinilahtempat orang-orang menawarkanberagamperspektif, berbagi ide,
pengetahuandanpemahaman yang dapatberfungsiuntukmeningkatkankemampuanmasing-masingindividu.
Iniadalahkunciuntukmemastikan K-Link Indonesia terustumbuhdanberkembang,
dengantujuanmenjadiperusahaanMulti Level Marketing yang paling dominan di
negeriini.
K-Link Indonesia
didedikasikanuntukmemenuhitantangan yang akanmunculseiringdenganmasyarakatdanbisnis
yang terusberkembang, dan K-Link yakindanbersemangatkarena K-Link
terusmengembangkanproduk, yang K-Link
percayaakanmenjadipatokandalamkualitasprodukdanpeluangbisnisbaiksecaranasionalmaupun
global di masa yang akandatang.
3.2 VISI PERUSAHAAN
PT
K-Link Indonesia mempunyai visi sebagai berikut
“Untukmenjadiperusahaan MLM terkemuka di Indonesia
denganjutaan distributor yang tersebar di berbagaidaerah,
pulau-pulaudanprovinsi di seluruhkepulauan yang luasini,
mencetakribuanpemasar-pemasar MLM yang memilikipenghasilan di atas rata-rata
penghasilankalanganmenengah di Indonesia”.
MISI PERUSAHAAN
Untukmemasarkanprodukmakanandanminumankesehatan,
produkpenunjangdanperawatankesehatan yang berkualitasdanterujikhasiatnya,
denganharga yang dapatdijangkaubagimasyarakatluas. K-Link
menawarkankonsepbisnismulti level marketing yang dapatdijalankanolehsetiap
orang dariberagamlatarbelakangsosialdanpendidikan.
3.3 NILAI – NILAI DASAR PERUSAHAAN
Perusahaan
K-Link Indonesia memiliki nilai – nilai dasar sebagai berikut :
- Produk yang berkualitas dan teruji
- Marketing plan yang adil, mudah dicapai dan pemasaran direct selling murni bersertifikasi syariah
- Manajemen dan pemegang saham yang berpengalaman di bisnis MLM dan memiliki reputasi yang baik
- K-System, Sistem Pendukung tunggal yang mengembangkan semua pelatihan dan modul untuk menunjang kelajuan bisnis para usahawan K-Link.
3.4 FILOSOFI K-LINK
K-Linkmemberikanprodukmakanandanminumankesehatansertapenunjangkesehatansebagaisolusilengkapbagigayahidupsehatdanmewah,
sekaligusmemperkayamasyarakatdenganpengetahuan,
keterampilandanpelatihanuntukmenjadipenjuallangsung yang sangatterampil.
3.5 KOMITMEN K-LINK
Sebagaiperusahaanmulti
level marketing yang bersertifikasisyariah, K-Linkmemastikanimpiansetiap distributor
dapatdicapaimelalui marketing plan yang adil, mudahdicapaisertaproduk yang
mudahdipasarkan, dilatiholehparapakar yang berpengalaman.
3.6 MENGAPA MEMILIH K-LINK
K-Link
saatinitelahmenjadisalahsatupenjuallangsungterbesar di Indonesia,
sehinggadenganmenjadi distributor K-Link berartiandamenjualmereknasional yang
mapandanterpercaya di seluruhnegeriini.PengalamanK-LinkdalamindustripenjualanlangsungmemberikanjaminanbahwaK-Linkadalahpilihan yang
tepat.Setiapanggotamemilikiupline
yang akanmemberikanpendampingan, pelatihandanmendukungsetiaplangkahandamenujusuksesdenganK-Link.Modulpelatihanstandardijelaskansecarasederhana,
mudahdipelajaridandimengerti, sertamudahdilakukandandiajarkan
Gambar
di atas adalah pimpinan tertinggi K-Link Internasional.
Nomor
1: Groum Managing Director : Dato' Dr
Darren Goh
Nomor
2: Group Executive Director : Dato'
Lawrence Yap
Nomor
3: Group Finance Director : Dato K.K.
Khor
Nomor 4: Group
General Director & President Director K-Link Indonesia : Dato' Dr. H. MD
Radzi Saleh
|
1. Presiden Direktur PT. K-Link
Indonesia (Dato' DR. H. Md. Radzi Saleh)
Sebagai Presiden
Direktur dari K-Link Indonesia yang berdiri pada Mei 2002, Dato' DR. H. Md.
Radzi Saleh mengawasi kegiatan operasional harian perusahaan.
Bapak Radzi mendapatkan peran tersebut dari
K-Link International Group Managing Director - Dato' DR. Darren.
Pesan
Dato' Darren cukup singkat; pergi ke Indonesia dan membangun merek K-Link di
sana. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, dengan lebih dari
17.000 pulau dan tempat bagi budaya yang sangat beragam. Menemukan cara untuk
menaklukkan tempat yang luas ini tentulah tidak mudah. Bapak Radzi, yang
memiliki pengalaman lebih dari 25 tahun dalam industri penjualan langsung,
mengatur tugasnya. Dengan kemampuan manajemen sumber daya manusia yang luar
biasa, keyakinan tak terkalahkan dan antusiasme, serta mata yang jeli untuk
hal-hal detail dan pandangan visionernya, beliau telah membantu K-Link
Indonesia tumbuh menjadi salah satu perusahaan multi level marketing terbesar
di Indonesia. Kemampuannya mendorong pengusaha di seluruh negeri ini
tercermin dalam pertumbuhan angka penjualan perusahaan.
Visi Bapak Radzi dalam menciptakan
komunitas K-Link yang penuh kasih dan kepedulian, didukung oleh pelaksanaan
program-program CSR perusahaan
Visi Bapak Radzi dalam menciptakan
komunitas K-Link yang penuh kasih dan kepedulian, didukung oleh pelaksanaan
program-program CSR perusahaan, telah membantu meningkatkan kehidupan
masyarakat yang tak terhitung jumlahnya di seluruh Indonesia. Selain itu, ia
juga menulis buku ‘Breaking Fee’, yang sangat memotivasi dan inspiratif,
serta harus dimiliki semua pengusaha pemula.
Melihat jauh ke depan, Bapak Radzi
mempredikisi bintang K-Link Indonesia akun terus bertambah, ia menambahkan,
“Dengan produk-produk yang lebih inovatif, berkualitas tinggi yang
ditambahkan ke dalam katalog Kami, pasar Kami akan terus bertambah luas di
seluruh negeri ini. Sebagai perusahaan Kami secara aktif memantau bagaimana
masyarakat berubah, yang selalu membuat Kami selangkah lebih maju. Dengan
akses ke sarana informasi yang tersedia dari begitu banyak sumber, baik tatap
muka maupun online adalah penting bahwa K-Link menawarkan metode up-to-date
yang terbaru, untuk melayani semua member Kami secara lebih cepat dan
efisien. Bisnis, seperti kehidupan, selalu berkembang, dan ini adalah saat
yang menyenangkan untuk diri Saya sendiri dan semua orang yang terhubung ke
K-Link Indonesia seiring dengan langkah Kami untuk mulai menetapkan standar
bagi industri MLM di Indonesia.
2. General Manager PT. K-Link
Indonesia(Ir.
Djoko Komara)
Ir.
Djoko Komara bergabung di K-Link Indonesia pada bulan Januari 2004 sebagai
Senior Marketing Manager. Setelah menunjukkan kemampuan luar biasa di bidang
ini, beliau diberikan posisi General Manager yang dia pegang saat ini.
Sebagai orang yang bertanggung jawab
atas pemasaran dan operasional; Bapak Djoko bekerja sama dengan Presiden
Direktur K-Link Indonesia Dato' DR. H. Md. Radzi Saleh dan semua pemimpin
afiliasi K-Link Indonesia untuk mendorong kinerja bisnis dan pertumbuhan
strategis secara terus menerus di wilayah Indonesia.
Pengetahuan
yang luar biasa dalam industri penjualan langsung, khususnya di kawasan ASEAN
dan karakter yang mengagumkan adalah dua alasan mengapa Bapak Djoko
memenangkan pemilihan sebagai ketua APLI (Asosiasi Penjualan Langsung
Indonesia). Dalam perannya ini, beliau telah berhasil mendorong Pemerintah
untuk mengesahkan UU Perdagangan tahun 2014 pada tanggal 11 Februari 2014,
dimana pemerintah mengakui dan melindungi industri MLM/DS (Multi Level
Marketing/Direct Selling) sementara skema piramida dilarang. Melalui UU ini,
diharapkan masyarakat Indonesia dapat melihat perbedaan antara MLM/DS yang
benar dan Money Game yang berkedok MLM. Tidak hanya itu, terobosan lain yang
dilakukannya adalah merubah dan membenahi AD/ART APLI.
Dalam perannya ini, beliau telah
berhasil mendorong Pemerintah untuk mengesahkan UU Perdagangan tahun 2014
pada tanggal 11 Februari 2014, dimana pemerintah mengakui dan melindungi
industri MLM/DS (Multi Level Marketing/Direct Selling)
Beliau juga memegang peran sebagai
ketua Klub Golf K-Link, yang merupakan aspek penting dari program CSR
perusahaan dimana beberapa acara penggalangan dana diselenggarakan oleh klub
ini setiap tahunnya
|
3.8 PENGHARGAAN YANG DITERIMA K-LINK
K-Link Internasional
telah mendapatkan berbgai macam penghargaan selama ini, yaitu
- Figures of 2006 Direct Selling Industry in Asia Pasific Region
- Winner of "Best Global Network Company" By ZGlobal Bussiness Magazine
- Bussiness of The Year Award of 2005 Multilevel marketing Company of the year
- The best market development company in asia pasific
- Top Ten Direct selling Company In asia Pasific
- 4th Asia PasificInternational Honesty Enterprise Keris Award 2005 by Global Bussiness Magazine
- Received by Recognition by the wood Vinegar Energy Research Asociation, Japan
- Winner of Best Brand Award 2004/2005by best brand council Malaysia
- From Asia Pasific Direct Selling Forum:
- Executive Member of The world Direct selling Promotion Association
- 2009 Most valuable direct selling brand
3.9DIRRECT
SELLING
Penjualan langsung merupakan metode penjualan di mana produk
dipasarkan langsung ke konsumen, menghilangkan kebutuhan untuk grosir,
pengiklan dan pengecer. Penjualan langsung dapat dilakukan satu-satu, dalam
sebuah kelompok atau format partai, atau bahkan secara online.
Di K-Link, fokus pada bagian "langsung" dari
penjualan langsung juga mengacu pada komponen pribadi dari saluran penjualan
tersebut; ini tentang membangun hubungan dengan orang-orang, dan mempererat
hubungan masyarakat dengan menawarkan pelayanan terbaik dan perhatian secara
pribadi.
·
Manfaat dari Penjualan Langsung
Apa yang membuat penjualan langsung merupakan pilihan karier
yang menarik adalah fleksibilitas yang ditawarkan. Mereka yang terlibat dalam
penjualan langsung adalah kontraktor independen yang menentukan sendiri berapa
banyak waktu dan energi yang mereka investasikan dalam bisnis mereka.
Seorang Pemilik Bisnis Independen
merupakan bos dari dirinya sendiri
Mereka mengatur jam kerja mereka sendiri, dan menentukan
serta mengontrol keseimbangan kehidupan kerja-keluarga mereka. Seorang Pemilik
Bisnis Independen merupakan bos dari dirinya sendiri. Penjualan langsung juga
merupakan cara untuk memiliki bisnis dengan investasi modal yang minimal. Dan
berikut ini adalah sekema alur penjualan dirrect selling / MLM.
- Setiap orang akan mendapat keuntungan dari aktifitas jual beli yang dilakukannya. Jika dia ingin mendapatkan bonus yang lebih besar, maka dia bisa membangun organisasi yang lebih besar pula.
- Mereka yang ada di bawah, tetapi bisa membangun organisasi yang lebih besar daripada yang mengajaknya, maka yang bersangkutan memiliki peluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar daripada orang yang mengajaknya di atas.
- Jika pada periode tertentu seorang mitra tidak melakukan pembelian produk, maka dia tidak akan mendapatkan keuntungan walau pun jalur dibawahnya menghasilkan omzet yang tidak terhingga.
- Setiap orang yang bergabung dengan bisnis MLM dan ingin mendapatkan bonus yang lebih besar, maka dia harus berperan sebagai seller atau end-user dengan membeli sejumlah produk yang memenuhi syarat untuk mendapatkan bonus,dan dia juga harus mensponsori orang lain agar terbentuk organisasi bisnis yang bisa menghasilkan omzet.
Apakah dalam sistem di atas berlaku
konsep Piramid yang memiliki pengertian bahwa yang atas akan
selalu lebih untung ketimbang yang di bawah ? Jawabannya adalah “tidak” karena
jika mitra yang ada di bawah bisa membangun organisasi yang lebih besar, maka
dia akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar daripada orang yang
mengajaknya yang ada di atas.
3.1.1 FATWA ULAMA TENTANG MLM
Sistem pemasaran berjenjang atau
Multi Level Marketing (MLM) sedang menjadi sorotan sebagai salah satu pemutar
roda ekonomi di Indonesia. Bicara tentang network marketing, Dewan Syariah
Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) telah mengeluarkan fatwa tentang
Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS).
Bisnis MLM merupakan salah satu
bisnis modern yang tidak ada di zaman Nabi Muhammad SAW. Oleh sebab itulah
terdapat banyak perbedaan pendapat mengenai hukum bisnis MLM. Ada yang
menghalalkan, ada yang mengharamkan MLM secara keseluruhan. Ada juga pendapat
yang mengatakan halal atau haram, bergantung pada sistem yang diterapkan dalam
MLM tersebut.
Pendapat ketiga ini sepertinya pendapat
yang lebih tepat, karena dalam prakteknya dari sekitar 600 perusahaan MLM yang
terdapat di Indonesia, masing-masing menerapkan sistem yang berbeda. Ada sistem
binary, breakaway, unilevel, viral marketing, skema ponzi,
dan sebagainya. Dari seluruh MLM yang ada, 66 di antaranya sudah resmi
terdaftar di Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI). Dari jumlah tersebut
hanya 6 yang sudah mendapat Sertifikat Syariah dari MUI, satu di antaranya
adalah K-LINK.
Perbedaan pendapat mengenai hukum
MLM ini semakin tajam dengan adanya kerancuan istilah antara MLM dengan money
game dikalangan masyarakat. Pemasaran berjenjang pada hakikatnya adalah
sebuah sistem distribusi barang. Banyaknya bonus didapat dari omset penjualan
yang didistribusikan melalui jaringannya.Dr. Setiawan Budi Utomo dalam
tulisannya di laman dakwatuna.com menyatakan :
The Islamic Food and Nutrition of
America (IFANCA) telah mengeluarkan edaran
tentang produk MLM halal dan dibenarkan oleh agama yang ditandatangani langsung
oleh Presiden IFANCA M. Munir Chaudry, Ph.D. IFANCA mengingatkan untuk meneliti
kehalalan suatu bisnis MLM sebelum bergabung atau menggunakannya dengan
mengkaji aspek :
1. Marketing Plan.
Adakah unsur skema piramida? Unsur piramida memungkinkan distributor yang lebih
dulu bergabung selalu diuntungkan dengan mengurangi hak distributor di bawahnya
sehingga merugikan downline dan hukumnya haram.
2. Track Record. Apakah
perusahaan MLM tersebut memiliki track record positif atau tiba-tiba
muncul, terutama jika mengundang banyak kontroversi.
3. Produk. Apakah
produknya mengandung zat-zat haram? Apakah mendapatkan jaminan untuk ditukar
apabila produk cacat produksi.
4. Investasi Berlebihan.
Apabila perusahaan menekankan target penghimpunan dana dan menganggap bahwa
produk tidak penting atau hanya sebagai kedok, terutama jika modal awal seperti
uang pendaftarannya cukup besar. Ini patut dicurigai sebagai arisan berantai (money
game) yang menyerupai judi.
5. Sistem Kerja.
Telitilah skema kerja sebagai distributor terutama jika perusahaan MLM tersebut
menjanjikan kaya mendadak tanpa bekerja.
Di Indonesia, Dewan Syariah Nasional
Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) sebagai lembaga resmi yang diakui pemerintah
RI dan melibatkan ulama dari berbagai Ormas Islam telah mengeluarkan fatwa yang
dapat dijadikan sebagai salah satu referensi untuk menentukan halal haramnya
sebuah perusahaan yang bergerak dalam bisnis MLM.
Dalam fatwa yang ditandatangani oleh
Ketua DSN MUI DR. KH. Sahal Mahfudz dan Sekretaris KH. Drs. Ichwan Sam pada
tanggal 25 Juli 2009, dijelaskan ada 12 persyaratan bagi MLM terkategori sesuai
syariah, yaitu :
1. Ada obyek transaksi riil yang
diperjualbelikan berupa barang atau produk jasa;
2. Barang atau produk jasa yang
diperdagangkan bukan sesuatu yang diharamkan dan atau yang dipergunakan untuk
sesuatu yang haram;
3. Transaksi dalam perdagangan tidak
mengandung unsur gharar, maysir, riba’, dharar, dzulm,
maksiat;
4. Tidak ada kenaikan harga/biaya
yang berlebihan (excessive mark-up), sehingga merugikan konsumen karena
tidak sepadan dengan kualitas;
5. Komisi yang diberikan oleh
perusahaan kepada anggota, besaran maupun bentuknya harus berdasarkan prestasi
kerja yang terkait langsung dengan volume atau nilai hasil penjualan produk,
dan harus menjadi pendapatan utama mitra usaha dalam PLBS;
6. Bonus yang diberikan oleh
perusahaan kepada anggota harus jelas jumlahnya, saat transaksi (akad) sesuai
dengan target penjualan barang dan atau produk jasa yang ditetapkan perusahaan;
7. Tidak boleh ada komisi atau bonus
secara pasif yang diperoleh secara reguler tanpa melakukan pembinaan dan atau
penjualan barang dan atau jasa;
8. Pemberian komisi atau bonus oleh
perusahaan kepada anggota (mitra usaha) tidak menimbulkan ighra’.
9. Tidak ada eksploitasi dan
ketidakadilan dalam pembagian bonus antara anggota pertama dengan anggota
berikutnya;
10. Sistem perekrutan, bentuk
penghargaan dan acara seremonial yang dilakukan tidak mengandung unsur yang bertentangan
dengan aqidah, syariah dan akhlak mulia, seperti syirik, kultus, maksiat dan
sebagainya;
11. Setiap mitra usaha yang
melakukan perekrutan keanggotaan wajib membina dan mengawasi anggota yang
direkrutnya;
12.Tidak melakukan kegiatan money
game.
Sedangkan money game menurut fatwa DSN MUI No. 75/DSN MUI/VII/2009 adalahkegiatan penghimpunan dana masyarakat atau
penggandaan uang dengan praktik memberikan komisi dan bonus dari hasil
perekrutan/pendaftaran mitra usaha yang baru/bergabung kemudian, dan bukan dari
hasil penjualan produk, atau dari hasil penjualan produk namun produk yang
dijual tersebut hanya kamuflase atau tidak mempunyai mutu/kualitas yang dapat
dipertanggungjawabkan .
3.1.2
JENJANG KARIR DI K-LINK
Di
K-Link anda berkesempatan mendapatkan peringkat atau jenjang karir, Peringkat
anda di K-link juga menentukan tinggi rendahnya penghasilan yang anda
capai.Cara cepat untuk kenaikan peringkat miliki 3 Frontline (3 Kaki),
dan pada ke 3 Frontline / kaki anda juga anjurkan untuk melakukan hal yang sama
, Lakukan pembinaan ke tiga fronline anda, ajarkan kepada mereka masing-masing
untuk memiliki 3 Frontline (3 Kaki) juga. Lakukan penduplikasian secepatnya
Sistem kenaikan peringkat dalam
K-Link memiliki keunggulan antara lain :
- Tidak ada batas waktu
- Satu naik peringkat semua naik peringkat
- Tidak akan pernah turun peringkat
- KEUNTUNGAN dibagi secara proporsional
- kenaikan peringkat berdasarkan akumulasi penjualan
Peringkat
|
Jenjang karir
|
Syarat
|
3%
|
Member
|
Akumulasi Belanja Pribadi dan Grup
100BV
|
6%
|
Senior Member
|
Akumulasi belanja Pribadi dan
Group 400BV
|
9%
|
Supervisor
|
Akumulasi Belanja Pribadi dan Grup
2000BV
|
12%
|
Assisten manager
|
Akumulasi Belanja Pribadi dan Grup
8000BV
|
15%
|
Manager
|
Akumulasi Belanja Pribadi dan Grup
15000BV
|
17%
|
Sapphire Manager
|
Memiliki 1 Manager di salah satu
frontlinenya
|
19%
|
Ruby Manager
|
Memiliki 2 Manager di 2 kaki
frontlinenya yang berbeda
|
21%
|
Emerald Manager
|
Memiliki 3 Manager di 3 kaki
frontlinenya yang berbeda
|
23%
|
Diamond Manager
|
Memiliki 4 Emerald Manager di
frontlinenya yang berbeda
|
25%
|
Crown Manager
|
Memiliki 8 Emerald Manager di
frontlinenya yang berbeda
|
28%
|
Crown Ambassador
|
Memiliki 12 Emerald Manager di
frontlinenya yang berbeda
|
28%
|
Senior C. Ambassador
|
Memiliki 14 Emerald Manager di
frontlinenya yang berbeda
|
28%
|
Royal C. Ambassador
|
Memiliki 17Emerald Manager di
frontlinenya yang berbeda
|
BAB
IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Berdasarkan
paparan diatas kami dapat menyimpulkan bahwa perusahaan Multi Level Marketing
Di Indonesia telah berkembang pesat. Terutama semenjak dihapuskannya sistem
kerja Pyramid dan didirikannya Asosiasi Pemasaran Langsung Indonesia (APLI).Oleh
Karena Itu dengan adanya lembaga tersebut, perusahaan yang menganut sistem Multi
Level Marketting / Dirrect Selling dapat dikontrol dengan baik.Sehingga,
perusahaan MLM yang telah ada tidak akan melanggar norma aturan yang telah
dditerapkan oleh APLI. Perusahaan yang menjalankan manajemennya dengan baik
tentu akan mengalami peningkatan ke level yang lebih tinggi. Sementara
perusahaan yang tidak tertata rapi akan cenderung merugi dan mengakibatkan
kebangkrutan.
Perusahaan
K-Link Indonesia yang merupakan perusahaan penganut sistem Multi Level
Marketing, masih bisa bertahan di dunia Industri Indonesia. Hal ini tentunya
disebabkan oleh manajemen yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Selain itu,
dengan adanya produk yang berkualitas dapat lebih menarik minat masyarakat
untuk turut bergabung menjadi member perusahaan tersebut.
4.2 Saran
Dari
uraian kesimpulan di atas, penyusun menyarankan tidak ada salahnya kita menjadi
member dari salah satu perusahaan multi level marketing yang ada di Indonesia.
Dengan adanya niat dan tekad untuk berjuang di bisnis tertentu, itu akan
membawa keuntungan untuk diri kita di masa mendatang. Namun, perlu diperhatikan
juga bahwa, bisnis MLM bukanlah bisnis yang instan untuk menghasilkan
keuntungan. Perlu usaha keras untuk mancapai target – target yang telah
ditentukan. Selain itu, kita juga harus membekali diri kita dengan seluk beluk
dunia Multi Marketing, sehingga apabila dikemudian hari kita mengalami kerugian
tentunya tidak akan membuat kita berputus asa.
BAB V
LAMPIRAN
5.1 Daftar Pustaka
http://harikuyangcerah.blogspot.com/2008/12/bab-i-pendahuluan-1.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar